Selamat Datang Di Pernak-Pernik Matematika."Apa yang akan kita peroleh di masa depan adalah dari apa yang kita perbuat saat ini"

Senin, 10 Desember 2012

Manfaat Matematika

1312858637321694825
Masih ingat betul waktu itu, ketika aku masih memakai seragam putih abu-abu, masih lucu dan lugu (halah…kagak nyambung)…Sebut saja Pak Ering, seorang guru matematika yang super santai. Dari jamannya masih berseragam putih biru, saya sudah tidak tertarik dengan pelajaran ini, matematika! Makanya, sewaktu SMA, saya mengambil jurusan Ilmu Sosial dengan dalih saya lebih suka bersosialisasi. Weleh…weleh …Pak Ering membawa warna baru dalam kehidupan bermatematika.. satu kata yang tidak pernah saya lupakan adalah “Matematika mengajarkan kita akan kejujuran dan ketelitian”. Menurut beliau jika setiap orang jago matematika maka dia akan menjadi orang yang jujur. Wehh .. apa hubungannya, pikirku kemudian.

Cekidot ulasan beliau mengenai Matematika ini…
Matematika menjadi salah satu pelajaran terpenting yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin meraih sukses dalam hidupnya karena dalam keahlian bermatematika kita diminta untuk menyelesaikan masalah dengan benar, sekaligus kita diberi kebebasan untuk menjawab dengan berbagai cara asalkan jawabannya benar dan dengan cara yang benar. Jika caranya salah atau salah dalam menuliskan satu angka saja hasil akhirnya juga salah. Disini kita diminta untuk jujur dalam menyelesaikan masalah yang ada dengan cara yang benar dan teliti. Karena kalau menjawab soal matematika pakai bohong segala kan hasilnya juga amburadul to … hehee..
Selain itu banyak sekali manfaat dari penerapan ilmu matematika dalam kehidupan sehari- hari baik diterapkan dalam bidang ilmu lainnya maupun dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang paling sederhana adalah ketika kita menghitung uang belanja, pengeluaran uang untuk kebutuhan sehari-hari, itu saja sudah termasuk menerapkan ilmu matematika, menghitung luas tanah, nilai rapot ketika kenaikan kelas, ongkos naik kendaraan dan masih banyak lagi. Di berbagai kehidupan manusia tidak luput dari penerapan ilmu matematika baik dalam perumusan masalah hingga penyelesaian masalah. Dalam penyeleksian karyawan dan mengetes calon karyawan juga dibutuhkan. Begitu banyak manfaat yang dapat dipetik dari ilmu matematika yang saya anggap rumit ini. ( Karena saya ini juga lemah daya matematikanya,,,hehehehe…)
Ada pepatah mengatakan “Siapa yang menguasai matematika dan bahasa maka ia akan menguasai dunia”. Matematika sebagai media melatih untuk berpikir kritis, inovatif, kreatif, mandiri dan mampu menyelesaikan masalah sedangkan bahasa sebagai media menyampaikan ide-ide dan gagasan serta yang ada dalam pikiran manusia. Jelas sekali bahwa matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat menghindar dari matematika sekalipun kita mengambil jurusan ilmu sosial tetap saja ada pelajaran matematika di dalamnya karena mau tidak mau matematika digunakan dalam aktivitas sehari-harinya.
So, mari belajar matematika.. pelan pelan saja kalau belum bisa..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar